PENERAPAN ERGONOMI PADA PEKERJA PT. MAKASSAR BETON PERKASA DI KOTA MAKASSAR

Muhammad Ikbal, Harold Geraldy Firstyliano

Abstract


Ergonomi merupakan salah satu faktor yang sangat dibutuhkan dalam perusahaan. Ergonomi memberikan keyakinan bahwa kesesuaian produk dengan manusia pengguna produk, akan meningkatkan hasil kerja. Maka untuk peningkatan hasil tersebut perlu adanya upaya-upaya yang ergonomi dalam perusahaan sehingga apa yang diharapkan tercapai.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap kerja, keluhan kerja, suhu dan kelembaban di bagian kantor, dan penggunaan alat pelindung diri di bagian pabrik PT. Makassar Beton Perkasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode observasional yaitu data terkumpul dari hasil survey, observasi, dan kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan hasil atau informasi tentang sikap kerja ergonomi pada pekerja. Dengan teknik menggunakan total sampling sebanyak 40 pekerja di bagian kantor dan pabrikdi PT. Makassar Beton Perkasa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri PT. Makassar Beton Perkasa hanya pada bagian kantor saja yang sesuai dengan sikap kerja ergonomi, serta memenuhi syarat suhu dan kelembaban ruangan. sedangkan pada bagian pabrik sangat tidak sesuai dengan sikap kerja ergonomi dan alat Pelindung diri (APD) bagi pekerja terbatas, karena tidak adanya upaya  Industri untuk memfasilitasi bagi semua pekerja.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa tenaga kerja di PT, Makassar beton Perkasa masih banyak yang bekerja tidak ergonomis, sehingga menimbulkan keluhan terhadap pekerja dan  masih kurangnya APD yang disediakan bagi pekerja, maka disarankan industri PT. Makassar Beton Perkasa sebaiknya memperhatikan kenyamanan bagi para pekerjanya dan penggunaan APD hendaknya menjadi kewajiban bagi pekerja, sehingga seluruh pekerja dapat terhindar dari akibat fatal kecelakaan bekerja.

Kata Kunci :  Ergonomi, K3, ketersediaan APD

Full Text:

PDF

References


Arda, A. 2007. Waspada Nyeri pinggang mengakibatkan. (online) (http: // id. shvoong. Com / medicine-andhealth/1650679. Diakses tanggal 20 Februari 2017)

Arnita. 2006. Majalah Farmacia edisi januari 2006 (online) (http: // www. Majalah - farmacia. com diakses tanggal 17 februari 2017)

Atin. 2012. Masalah Ergonomi. (online) (http: // atin- kuliahku. blogspot. co. id diakses tanggal 11 Februari 2017)

Bayu. Purnomo. Pengertian Ergonomi (online) (http: // purnamabgp. blogspot. co. id/ 2012/ 12/ pengertian ergonomi. html diakses tanggal 10 Februari 2017)

Brown, A. and Mackeler, L.S. 1999. Diagnose of Mechanical LBP in a l aborerjornal Of Orthopaedic & Sport Physical Therapy, Volume 29 (9), American Physical Therapy Association. Crystal City. (http:// www.emedicine.com. di akses tanggal 20 Februari 2017)

Nurrahman. 2016. “Hubungan Masa Kerja Dan Sikap Kerja Terhadap Kejadian Low Back Pain Pada Penenun Di Kampoeng Bni Kab.Wajo”. Program Studi Fisioterapi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Makassar (KTI tidak diterbitkan).

Parjoto, S. 2007. Pentingnya Memahami Sikap Tubuh Dalam Kehidupan. MajalahFisioterapi Indonesia Vol. 7 No. 11/Mei 2007.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Per.08/MEN/VII/2010 tentang Alat Pelindung Diri. (Diakses pada tanggal 22 juli 2017).

Purnomo, Hari. 2013. Antropometri dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rachma, Noer. 2002. Aspek Klinis Nyeri Punggung Bawah; Simposium Pelantikan Dokter Periode 142, Surakarta, 21 Desember.

Rahmat Febriandi. 2014. Pengaruh Ergonomi Dan Psikologi Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja PT. Cipta Beton Perkasa Makassar. Diploma III Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar. (KTI tidak diterbitkan)

Santoso, Gempur. 2010. Manajemen Perawatan Pabrik Dengan Pendekatan Ergonomis, Edisi Pertama. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta

Santoso, Gempur. 2013. Ergonomi Terapan. Jakarta; Prestasi Pustaka.

Sedarmayanti. 2001. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju: Bandung.

Sobotta. 2000. Atlas Anatomi Manusia. Jakarta : Buku Kedokteran

Solusi Kesehatan. (online) (http: //segiempat. Com /sehat/ solusi kesehatan/kesehatan-gigi-dan-tulang/kelainan-bentuk-tulang-karena -duduk -terlalu - lama diakses tanggal 16 Februari 2017)

Tribunnews. 16 Februari 2017. Kasus Kecelakaan Kerja Di SulSel Meningkat, (online), (http: // makassar. tribunnews. Com diakses tanggal 24 Februari 2017)

Undang-Undang No.1 Tahun 1970 pasal 14 butir c Bahwa Pengurus (Pengusaha) Diwajibkan Mengadakan Secara Cuma-Cuma Semua Alat Pelindung Diri (APD) Yang Diwajibkan Pada Tenaga Kerja Di bawah Pimpinannya.

Wuri Cahyadi. 2012. Pengaruh Suhu Ruang Terhadap Keluhan Subyektif Gejala Heat Exhaustion Bagian Injeksi PT. Arisamandiri Pratama Demak Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v18i1.737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia