KONDISI SANITASI KAPAL PENUMPANG FERRY DI WILAYAH KERJA PELABUHAN BIRA KEC.BONTO BAHARI KAB. BULUKUMBA

erlani rappe, Tenni Nardilla

Abstract


Kapal penumpang merupakan alat angkutan umum baik yang bersifat nasional maupun internasional, dimana bila keadaan sanitasinya kurang memenuhi syarat kesehatn, maka dapat menjadi sumber penularan penyakit sehingga perlu mendapat pengawasan dalam hal sanitasinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi sanitasi kapal penumpang  Ferry di Pelabuhan Bira Kec.Bonto Bahari Kab.Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan observasional. Kondisi sanitai dek pada ketiga kapal tersebut yaitu KMP.Bontoharu, KMP.Balibo, dan KMP.Sangke palangga, dimana satu  kapal yg tidak memenuhi syarat dilihat dari kebersihan. Dan kondisi dapur dari ketiga kapal tersebut sudah memenuhi syarat tetapi pada ketiga kapal tersebut tidak menggunakan air panas untuk mencuci peralatan sebelum digunakan, kondisi kamar mandi pada semua kapal yang diperiksa masing-masing lima kamar mandi yang diperiksa dan diantaranya masing-masing ada satu kamar mandi yang tidak memenuhi syarat pada setiap kapal. dan pada penananganan sampah belum optimal karna tidak dipisahkan sampah basah dan sampah kering dan pada ketiga kapal tersebut tidak terdapat adanya perindukan tikus. Kondisi sanitasi kebersihan Dek Dapur , Kamar mandi, Penanganan sampah KMP.Bontoharu, KMP.Balibo dan KMP.Sangke di kapal penumpang ferry dipelabuhan penyebrangan Bira Kecamatan Bonto bahari Kabupaten Bulukumba sudah memenuhi syarat dan tidak terdapat adanya perindukan tikus. Namun pada Dek Dapur pada KMP.Sangke tidak memenuhi syarat sanitasi.

 

Kata Kunci: Kondisi sanitasi, Kapal penumpang

Full Text:

PDF

References


Ahmad Faaris Human. 2012. Studi Pelaksanaan Inspeksi Sanitasi Kapal Penumpang di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar. (Online). http://repostory.unhas.ac.id/ handle/ 123456789/9428.Diakses januari 2017

Andi Tenri Mulyati. 2015. Studi Kondisi Sanitasi Kapal Penumpang di Pelabuhan Soekarno. Makassar: DIII Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar (KTI tidak diterbitkan).

Budiman Chandra. 2007. Pengantar Kesehatan Lingkungan. Jakarta: EGC. Cetakan Pertama.

Depkes RI. 2007. Pedoman Teknis Pengendalian Resiko Kesehatan Lingkungan Di Pelabuhan/Bandara/Pos Lintas Batas Dalam Rangka Karantina Kesehatan. Jakarta: Direktorat Jendral Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. (Online) http://pppl.depkes.go.id/_asset/_regulasi/SK_SOP_Desinfeksi_Pesawat.pdf. Diakses Februari 2017.

Didik Sarudji. 2010. Kesehatan Lingkungan. Bandung: CV.Karya Putra Darwati, Cetakan pertama.

Mappalewa. 2010. Studi Kondisi Sanitasi Kapal Penyebrangan Pamatata-Bira di Kabupaten Kepulauan Selayar. Makassar: DIII Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Makassar (KTI tidak diterbitkan).

Nurfadilla Mutmainna. 2015. Studi Kondisi Kapal Penumpang PT. Pelni di Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar. Makassar: DIII Jurusan Akademi Kesehatan Lingkungan

Republik Indonesia. 1962. Undang-undang nomor 1 tentang karantina laut.Https://ghsaindonesia.files.wordpress.com./2016/02/undang-undang-nomor-1-tahun-1962-tentang-karantina-laut.pdf. Diakses April 2017.

Roslan Abdul Rahman. 1990. Asas Senibina Kapal (Struktur & Getaran

(Kapal). Malaysa: Unit Penerbitan Akademik UTM 1990. (Online) https://books.google.co.id/book.

Saharuddin. 2010. Studi Kondisi Sanitasi Kapal Penumpang di Pelabuhan Soekarno Makassar. Makassar: DIII Jurusan Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL) Muhammadiyah Makassar (KTI tidak diterbitkan).

WHO. 2005. International Health Regulation. Library Cataloguing–in–Publication.Data.(Online.).https://books.google.co.id/books?id=YRBoCh3ErrYC&printsec=frontcover&dq=who+2005.international+health+regulations&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiqkf6OgaPSAhWBWbwKHZIGBT4Q6AEIGTAA#v=onepage&q=who%202005%20international%20health%20regulations&f=false.Diakses Februari 2017




DOI: https://doi.org/10.32382/sulolipu.v18i1.738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Media Sulolipu terindex

    

        

Media Reference Manager

       

View My Stats

Flag Counter

didukung oleh:

Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia